FX Harsono – Mei 1998 : Burn Victim (Rusuh, Dibuat Rusuh, Direkayasa Agar Rusuh, Dibakar, Siapa Bertanggungjawab?), Republik Indochaos, Pengantin Mei, dan Datanglah KerajaanMu..

Ia pernah membuat performance berjudul Burned Victim. Secara mencekam dan liar, ia membakar torso-torso kayu merefleksikan Tragedi Mei 1998. Karyanya itu penuh bara. dipetik dari Data Tempo

rusuh, dibuat rusuh, direkayasa agar rusuh, dibakar, terbakar, siapa bertanggungjawab

Performance Art : Burn Victim, by FX Harsono

arsip pameran – karya

Bagian 1 

Korban 1 / Yang Mati dan Yang Terbakar – archive.ivaa-online.org

Bagian 2

Korban 1 / Yang Mati dan Yang Terbakar (Burn Victim) – archive.ivaa-online.org

arsip karya-karya lainnya tentang Mei 1998, kunjungi arsip ivaa klik FX Harsono

Datanglah, Kerajaanmu (1 foto)

karya ini menggambarkan konflik batin diri saya sebagai seorang Katolik yg harus mencintai musuh dan mengampuni dosa mereka seperti yang tertuang dalam doa Bapa Kami dan melihat kekejaman tentara yg memukuli dan membunuh mahasiswa pada Mei 98

Pengantin Mei (1 foto)

dalam arsip ivaa dengan judul awal “mimpi buruk calon pengantin wanita’ (kemudian dirubah oleh perupa)

Republik Indochaos (4 foto)

arsip ivaa

Pada karya bertajuk Republik Indochaos, misalnya, Harsono menampilkan lima panel karya dua dimensi dengan teknik foto-etsa di kertas yang terinspirasi oleh kerusuhan Mei 1998. Karya grafis ini berbentuk prangko. Salah satunya gambar Soeharto dengan angka 100 dan 1998, kemudian ditambah tulisan “lengser” secara diagonal. Juga ada prangko bergambar beberapa tentara yang sedang membidikkan senapannya, ditambah tulisan “belajar menembak”.

Republik Indochaos memang menggambarkan runtuhnya pemerintahan Soeharto menyusul kerusuhan Mei 1998,” Harsono menjelaskan. Ia sengaja mengambil bentuk prangko karena biasanya benda pos itu selalu diterbitkan sebagai penanda sesuatu atau peristiwa.

disalin dari Harsono, Kekuasaan, dan Korban  – tempo.co

Disappear (1 foto)

simak pula FX Harsono : Seni, Penelitian Sejarah dan Kekerasan Massal Terhadap Orang Tionghoa 1946-1949 *”Saya sudah menemukan 13 kuburan massal pembunuhan Tionghoa…”

Tragedi Mei 1998

[unduh] Dua Dokumen Kunci ‘Tragedi Mei 1998’ : Temuan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kerusuhan Mei 1998, Laporan Tim Relawan Untuk Kemanusiaan (TRUK)

[unduh] Dua Dokumen Kunci ‘Tragedi Mei dan Perkosaan Massal 1998’ : Temuan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kerusuhan Mei 1998, Laporan Tim Relawan Untuk Kemanusiaan (TRUK)

0a
8a131-00o

simak selengkapnya

Peta Situs Ingatan Tragedi Mei 1998.

BUNGA dan TEMBOK : Kronik Peristiwa 1998

BUNGA dan TEMBOK : Kronik Peristiwa 1998 dan Reformasi. [Kompilasi Laporan Tirto; Historia, Vice; Beritagar]

Bunga Dan Tembok : Maka Hanya Ada Satu Kata, Lawan! (Kompilasi Dokumentasi Film Perjuangan Melawan Orde Baru – Suharto : Para Pelopor, Peristiwa Mei dan ‘Reformasi’ 1998)

Bunga Dan Tembok : Maka Hanya Ada Satu Kata, Lawan! (Kompilasi Dokumentasi Film Perjuangan Melawan Orde Baru – Suharto : Para Pelopor, Peristiwa Mei dan ‘Reformasi’ 1998)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s