Rekaman Serial Webinar Hari Hak Asasi Manusia 2020 [Museum HAM Munir]

#Seri1 Mengapa Penting Ada Museum HAM di Indonesia?

Melalui misi pendidikan HAM, Museum HAM Munir diharapkan akan menggugah inspirasi di kalangan generasi muda untuk lebih menghargai dan menegakkan prinsip HAM dalam kehidupan bermasyarakat. Bagaimana kaitan antara useum dan perjuangan HAM? Bagaimana posisi museum strategis dalam mengkampanyekan hak asasi manusia? Bagaimana pengalaman internasional dalam menjadikan museum sebagai wahana pembelajaran sejarah dan prinsip-prinsip HAM? Bagaimana perlindungan pekerja HAM di Indonesia dan hubungannya dengan museum? Apa saja tantangan yang akan dihadapi oleh Museum HAM Munir serta strategi penanganannya?

Narasumber: Ahmad Taufan Damanik (Ketua KOMNAS HAM) Suciwati (Museum HAM Munir) Amir Sidharta (Kurator Museum) Butet Kartaredjasa (Seniman, Museum HAM Munir) Suzy Hutomo (Executive CEO, The Body Shop)

#Seri2 Membumikan Nilai-nilai HAM pada Anak di Museum HAM Munir

Pengenalan prinsip-prinsip HAM sejak usia dini diharapkan dapat membentuk karakter warga yang menghormati dan melaksanakan prinsip HAM dalam kehidupan bermasyarakat harus dirintis melalui pendidikan HAM sejak dini. Museum HAM Munir berupaya membumikan prinsip-prinsip HAM secara sederhana agar mudah dipahami anak melalui berbagai medium interaktif dan permainan. Apa saja teknik dan metode yang akan digelar di Museum HAM Munir agar pengunjung anak dapat lebih memahami prinsip-prinsip HAM yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-harinya? Bagaimana metode dan konsep permainan dapat membumikan prinsip HAM kepada anak? Apa saja wahana yang akan ditampilkan untuk anak di Museum HAM Munir?

Narasumber: Anastasia Satriyo (Psikolog Anak) Irfan Amalee (PeaceGen) Marsha Timothy (Aktris) Smita Notosusanto (Museum HAM Munir)

#Seri3 Memperkokoh Pemahaman tentang SIPOL & EKOSOB di Museum HAM Munir

Dua pilar utama HAM adalah hak-hak Sipil dan Politik (SIPOL) dan hak-hak Ekonomi, Sosial dan Budaya (EKOSOB). Kedua pilar HAM tersebut dituangkan dalam dua Konvensi Internasional yang telah diratifikasi oleh mayoritas negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Bagaimana memperkenalkan kedua pilar HAM tersebut di Museum HAM Munir? Apa saja HAM yang akan ditampilkan? Apa medium yang akan digunakan untuk membumikan kedua pilar HAM tersebut kepada publik? Bagaimana hak-hak sipil (kebebasan berekspresi), politik dan hak ekonomi sosial budaya dikemas dalam desain museum? Bagaimana caranya agar eksebisi tentang Hak SIPOL dan EKOSOB dapat menggugah inspirasi pada publik untuk menegakkan nilai-nilai HAM dalam kehidupan bermasyarakat?

Narasumber: Haris Azhar (Lokataru) Abdul Manan (AJI Indonesia) Indria Fernida (Museum HAM Munir) Dessy Wahyuni (Pemenang Kompetisi Seni Rupa Bertema HAM oleh Omah Munir dan IKJ) Kamila Andini (Sutradara) Anis Hidayah (Migrant Care)

#Seri4 Menggugah Inspirasi Perjuangan Munir dalam Eksebisi di Museum HAM Munir

Bagian terpenting dari Museum HAM Munir adalah menampilkan perjuangan Munir, seorang pembela HAM dalam berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia. Lebih dari itu, pengunjung juga akan diajak untuk mengenal Munir sebagai seorang pribadi sejak masa kecilnya di kota Batu, awal ia meniti karir di LBH, dan kehidupannya sebagai seorang suami dan ayah. Tentu pengunjunga akan diajak pula untuk menyelami berbagai kasus yang diperjuangkan Munir. Bagaimana menampilkan Munir kepada pengunjung sebagai seorang individu sejak kecil hingga tumbuh dewasa dan bagaimana ia belajar dan menerapkan prinsip-prinsip HAM sejak usia dini? Apa saja kasus-kasus penegakkan HAM yang diperjuangkannya dan bagaimana cara menampilkan kasus-kasus ini dalam eksebisi di Museum HAM agar menimbulkan inspirasi pada pengunjung untuk melanjutkan perjuangan Munir?

Narasumber: Asfinawati (YLBHI) Cholil Mahmud (Musisi) Fatia Maulidiyanti (Koordinator KontraS) Engel Tanzil (DIA-LO-GUE) Jumisih (Penerima Beasiswa Munir STHI Jentera) Indria Fernida (Museum HAM Munir)

simak pula

Munir Tetap Ada dan Berlipat Ganda [Kumpulan Video Musik dan Film TRIBUTE to MUNIR]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s